Event

UKM INKAI UNS Tampil Beda di Expo UNS 2017

24 Aug , 2017  

Institut Karate-do Indonesia (INKAI) UNS memperkenalkan eksistensinya sebagai sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang seni bela diri di Universitas Sebelas Maret dalam acara Expo UNS 2017.

Semar sebagai icon Kejuaraan Sebelas Maret Cup.

Expo adalah sebuah kegiatan tahunan dalam rangkaian Pekan Kenal Kampus Mahasiswa Baru. Expo 2017 berlangsung selama empat hari, 19-22 Agustus 2017 di Auditorium UNS dengan mengangkat tema ‘Aktif dan Berbudaya’.

Expo berguna untuk mengenalkan organisasi-organisasi mahasiswa dan lembaga atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdapat di Universitas Sebelas Maret Surakarta kepada mahasiswa baru.

Keberadaan lembaga ataupun organisasi mahasiswa di dalam tubuh universitas adalah salah satu usaha untuk mengembangkan potensi mahasiswa sehingga diharapkan energi dan potensi yang dimiliki para pemuda khususnya mahasiswa tidak dihabiskan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat sia sia.

Selain itu, lembaga dan organisasi mahasiswa juga berguna untuk meningkatkan karakter, sifat kritis dan menghidupkan kembali kebudayaan bangsa yang akhir-akhir ini semakin memudar.

“Harapan saya ke adek-adek maru semoga banyak yang mendaftar atau mengikuti ormawa-ormawa yang ada di UNS”, ungkap Anisa salah satu panitia Expo UNS 2017.

“Jadilah mahasiswa yang aktif berorganisasi, jangan cuma kuliah pulang-kuliah pulang. Bekali juga kemampuan softskill yang bisa didapatkan dan diasah melalui kegiatan organisasi”, tambah Anisa.

Expo UNS 2017 diikuti oleh 27 organisasi mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa tingkat universitas, salah satunya UKM INKAI UNS.

Pada Expo 2017, UKM INKAI UNS tampil beda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena tak hanya menampilkan tim perform yang membawakan beberapa atraksi-atrasi spektakulernya seperti bunkai dan kata, tetapi juga menampilkan badut Semar sebagai salah satu ikon baru UKM INKAI UNS.

Tim perform UKM INKAI UNS pada Expo 2017 terdiri atas 20 anggota dari berbagai angkatan gashuku dan bahkan terdapat mahasiswa baru yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mahasiswa baru tersebut antara lain Bayu Kusuma, Syafri, Muchlis Fakhri, Imam Sinatrya, Dea Fitriani, dan Maya Anggita.

Dalam durasi sepuluh menit, MC juga menyebutkan perolehan kejuaran yang diraih karate UNS sepanjang tahun 2017 ini. Tidak lupa juga mempromosikan event terbesar dan kebanggaan INKAI UNS yaitu Sebelas Maret Cup (Semar Cup) yaitu kejuaraaan karate antar mahasiswa yang pada 2017 ini telah mencapai kelas Asia Tenggara.

Ajang Expo ini digunakan UKM INKAI UNS untuk menarik perhatian mahasiswa baru untuk bergabung dan merekrut agar menjadi bagian dari UKM INKAI UNS. Berbagai upaya dilakukan, selain dengan menampilkan tim perform yakni dengan adanya fasilitas stand dari panitia Expo yang didesain semenarik mungkin yaitu salah satunya dengan adanya display karate-gi atau seragam karate.

Selain itu, foto-foto kegiatan UKM INKAI UNS selama setengah periode kepengurusan 2017 juga ditampilkan untuk memberi gambaran kepada calon anggota tentang berbagai program kerja di UKM INKAI UNS.

Mahasiswa baru yang mengunjungi stand sangat antusias dan aktif bertanya tentang UKM INKAI UNS mulai dari jadwal latihan, event-event UKM INKAI UNS, dan pencapaian-pencapaian yang diraih.

Tercatat hingga hari terakhir Expo terdapat 55 mahasiswa baru yang mendaftar dan telah menyelesaikan admistrasi. Pencapaian ini diluar calon anggota yang baru menyumpulkan formulir, dan diprediksi calon anggota UKM INKAI UNS akan terus bertambah.-dew


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

November 2017
S M T W T F S
« Oct    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930