Event,Pengurus,Uncategorized

UKM INKAI UNS MEMERIAHKAN EXPO UKM 2018

29 Sep , 2018  

Institut Karate-do Indonesia (INKAI) UNS memperkenalkan eksistensinya sebagai sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang seni bela diri di Universitas Sebelas Maret dalam acara Expo UNS 2018.

Expo adalah sebuah kegiatan tahunan dalam rangkaian Pekan Kenal Kampus Mahasiswa Baru. Expo 2018 berlangsung selama delapan hari mulai dari 18 hingga 26 Agustus 2018 bertempat di Student Center UNS dengan jargon “Generasi Muda, Jawara Indonesia!”.

Expo berguna untuk mengenalkan organisasi-organisasi mahasiswa dan lembaga atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdapat di Universitas Sebelas Maret Surakarta kepada mahasiswa baru. Keberadaan lembaga ataupun organisasi mahasiswa di dalam tubuh universitas adalah salah satu usaha untuk mengembangkan potensi mahasiswa yang dituntut untuk aktif dan inovatif, memecahkan masalah secara komprhensif serta mampu berorganisasi dan komukatif sehingga diharapkan energi dan potensi yang dimiliki para pemuda khususnya mahasiswa tidak dihabiskan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat sia sia.

Selain itu, lembaga dan organisasi mahasiswa juga berguna untuk meningkatkan karakter, sifat kritis, aktif dalam sosial masyarakat dan menghidupkan kembali kebudayaan bangsa yang akhir-akhir ini semakin memudar.

Expo UNS 2018 sendiri diikuti oleh 32 organisasi mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa tingkat universitas, salah satunya UKM INKAI UNS.

Pada Expo 2018, UKM INKAI UNS tampil unik dari tahun-tahun sebelumnya. Karena tak hanya menampilkan tim perform yang membawakan beberapa atraksi-atrasi spektakulernya seperti bunkai dan kata, tetapi juga menampilkan badut Semar sebagai salah satu ikon  UKM INKAI UNS.

Tim perform UKM INKAI UNS pada Expo 2018 terdiri atas 7 anggota dari berbagai angkatan gashuku dan diantaranya terdapat mahasiswa baru yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mahasiswa baru tersebut antara lain Okisa, Cukat.

Dalam durasi sepuluh menit, MC juga menyebutkan perolehan kejuaran yang diraih karate UNS sepanjang tahun 2018 ini. Tidak lupa juga mempromosikan event terbesar dan kebanggaan INKAI UNS yaitu Sebelas Maret Cup (Semar Cup) yaitu kejuaraaan karate antar mahasiswa yang pada 2019 ini telah mencapai kelas Asia Tenggara.

Ajang Expo ini digunakan UKM INKAI UNS untuk menarik perhatian mahasiswa baru untuk bergabung dan merekrut agar menjadi bagian dari UKM INKAI UNS. Berbagai upaya dilakukan, selain dengan menampilkan tim perform yakni dengan adanya fasilitas stand dari panitia Expo yang didesain semenarik mungkin yaitu salah satunya dengan adanya display karate-gi atau seragam karate.

Mahasiswa baru yang mengunjungi stand sangat antusias dan aktif bertanya tentang UKM INKAI UNS mulai dari jadwal latihan, event-event UKM INKAI UNS, dan pencapaian-pencapaian yang diraih.

Tercatat hingga hari terakhir Expo terdapat lebih dari 200 mahasiswa baru yang mendaftar dan telah menyelesaikan admistrasi. Pencapaian ini diluar calon anggota yang baru mengumpulkan formulir, dan calon anggota terus bertambah walaupun Expo UKM 2018 telah berakhir.

Mahasiswa baru yang telah mendaftarkan diri ke UKM INKAI UNS-pun disambut baik oleh UKM menjadi bagian dari UNS.Karenanya Unit Kegiatan Mahasiswa INKAI UNS menggelar latihan perdana yang digelar pada Rabu (29/08) di Student Centre UNS.

Latihan perdana merupakan kegiatan tahunan yang diadakan untuk menyambut calon anggota UKM INKAI UNS. Kegiatan ini sebagai temu awal dengan calon anggota baru UKM INKAI UNS yang didalamnya termasuk pengenalan UKM INKAI UNS, pengenalan karate, pemberian motivasi, dan membuka mata mahasiswa baru tentang UKM INKAI UNS.

Latihan perdana ini diikuti oleh ±80 calon anggota yang telah mendaftar melalui kegiatan Expo UNS 2018 dan open recruitmen yang dilakukan UKM INKAI UNS. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh pembina UKM INKAI UNS dan senior INKAI serta turut didukung oleh anggota UKM INKAI UNS.

Kegiatan diawali dengan tradisi yaitu pengucapan sumpah karate dan penghormatan-penghormatan. Setelah itu adalah pembekalan dan pemberian motivasi kepada calon anggota oleh Sensei Edi selaku senior INKAI. Beliau mengatakan bahwa memilih karate, terlebih INKAI, merupakan suatu keputusan yang tepat. Karena bukan hanya proteksi diri atau olahraga, namun kita akan mendapatkan nilai-nilai kehidupan apabila mendalami karate yaitu dengan menerapkan dan mengamalkan sumpah karate.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan basic-basic karate seperti penghormatan, sikap siap, dan kepalan tangan. Calon anggota UKM INKAI UNS sebagian besar belum pernah mengikuti karate. Mereka sangat antusias dalam kegiatan ini, memperhatikan lalu mempraktikan.

Kegiatan latihan perdana ditutup dengan evaluasi oleh pembina UKM INKAI UNS, Sensei Agus Margono. Beliau menambahkan untuk menanamkan dalam diri bahwa karate itu sebuah kebutuhan, sebuah kegiatan untuk selalu bergerak, untuk menciptakan kedisiplinan dan semangat berprestasi sesuai dengan sumpah karate.-hng

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Oktober 2018
M S S R K J S
« Sep    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031