Event,Pengurus

Kenalkan Karate ke Masyarakat, UKM INKAI UNS Adakan Sosialisasi

12 Mar , 2018  

Pada Sabtu (10/03) UKM INKAI UNS mengadakan sosialisasi karate kepada siswa kelas 4 dan 5 SD N Sabranglor Jebres, Surakarta. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 10.30 WIB hingga 12.00 WIB di halaman sekolah dan diramaikan oleh kurang lebih 80 siswa serta 20 karateka pengurus UKM INKAI UNS. Sosialisasi ini merupakan salah satu program kerja dari UKM INKAI UNS khususnya bidang Hubungan Masyarakat (Humas).

“Ini merupakan proker pertama di UKM INKAI UNS, baru tahun ini dirintis”, kata Rohmat Muhajir, Ketua UKM INKAI UNS. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memasyarakatkan olahraga karate, memberikan informasi dan pengetahuan tentang karate, selain itu juga untuk mengenalkan UKM INKAI UNS guna menjaga eksistensinya. “Sebenarnya juga untuk edukasi, jadi tidak hanya untuk mengenalkan UKM INKAI UNS. Kami lebih menekankan pada pemberian pengetahuan dan informasi tentang karate. Kalau selanjutnya ada adik-adik yang tertarik ikut karate, ya itu bonus, alhamdulillah”, tambah Rohmat.

Beberapa serangkaian kegiatan ini yaitu penampilan perform Kata 1, Kata 3, Karate Dance dan Bunkai oleh sebelas orang pengurus UKM INKAI UNS. Kata sendiri adalah gabungan teknik-teknik dasar dalam karate seperti pukulan, tendangan, bertahan dan menangkis kedalam satu rangkaian pergerakan yang telah ditentukan. Sedangkan Bunkai merupakan aplikasi yang dapat digunakan dari gerakan-gerakan dasar Kata.

Selain itu juga terdapat sesi materi dan tanya jawab antara lain tentang karate secara umum berupa (definisi, sejarah, asal) dan bagian-bagian tubuh yang tidak boleh dipegang oleh orang lain karena dapat membahayakan diri termasuk rahang dan pinggul. Setelah itu terdapat peragaan beladiri praktis yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa cara untuk mempertahankan diri dengan cepat saat terjadi serangan fisik.

Pada akhir kegiatan terdapat beberapa permainan dan foto bersama. Para siswa sangat berantusias dalam kegiatan ini. “Seneng banget, tadi aku bisa jawab pertanyaan terus dapet hadiah. Nanti pengen ikut latihan karate”, kata Stevani, siswa kelas 4.

Pihak sekolah merespon baik dan sangat mendukung kegiatan ini. Mereka juga berharap ada kelanjutannya dari Sosialisasi ini.”Ini kegiatan yang baik sekali. Baru pertama kali disini. Kalau saya berharap supaya nanti karate bisa jadi ekstrakurikuler di SD Sabranglor”, jelas Marji Astuti, Kepala Sekolah SD N Sabranglor. -dew


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

November 2018
M S S R K J S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930