Uncategorized

Karate UNS TIPS: Makanan Penahan Lapar Saat Puasa

27 Jul , 2014  

Assalamualaikum Puasa tinggal 10 hari lagi nih! Wah gak kerasa ya sudah 20 hari kita menjalankan puasa dengan menahan lapar, dahaga dan lain-lainnya yang biasa kita lakukan di hari biasa Sudah menyiapkan menu untuk sahur nanti belum? Kalau belum, Karate UNS mau bagi-bagi tips makanan yang sebaiknya dimakan saat puasa yang dapat menjadi penahan lapar lebih lama, nih. Biar saat puasa kita gak lemes gitu Kita bisa mengonsumsi makanan ini saat sahur. Karateka, let’s check it out!
a) Beras Merah

Beras merah kaya akan serat dan rendah gula dibanding beras putih. Ternyata, mengonsumsi beras merah membuat kita kenyang lebih lama dan juga mengontrol kadar gula. Selain itu, kandungan minyak dalam beras merah mampu mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh kita. Jadi, enggak lagi deh kelaparan pas puasa
b) Sayuran Hijau

Tubuh membutuhkan vitamin dan serat. Salah satunya, bisa didapat dari sayuran hijau. Jenis sayuran mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tidak bekerja terlampau keras ketika mencerna makanan setelah seharian tidak mengonsumsi apapun. Selain itu, memperbanyak konsumsi sayuran berserat saat sahur mampu memberikan efek kenyang yang lebih panjang. Beberapa sayuran berserat tinggi yang bisa dicoba yaitu brokoli, bayam, kubis, wortel, jagung, kembang kol, dan timun ada yang gak suka makan sayur? O.o

c) Makanan Kaya Air Dan Serat

Untuk mengembalikan cairan dalam tubuh selama puasa, sebaiknya konsumsi makanan kaya air dan serat, seperti semangka, labu, pir, air kelapa, melon, semangka, dan jeruk. Buah tersebut juga banyak mengandung garam magnesium, kalsium, sodium, dan potasium yang terbukti lebih cepat mengembalikan cairan tubuh dibanding air putih dan memberi efek kenyang lebih panjang (yess!!)
d) Kacang-Kacang

an

 

Pada saat berbuka puasa sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ pencernaan ketika dikonsumsi saat buka puasa
e) Ubi

Salah satu makanan favorit pas berbuka puasa adalah kolak. Nah, kita bisa mencoba kolak ubi, girls. Soalnya, ubi ini mengandung beta karotin, vitamin C, dan potassium yang sangat cocok dikonsumsi saat buka puasa. Jadi, bisa mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa deh. Tapi,gak boleh makan Ubi berlebihan yaaaa. Nanti kentutnya makin bauuuuu :P  #uppss
(17/0714/emj/Sumber: KawanKu Magazine.)

Uncategorized

UKM INKAI UNS Bawa Pulang 5 Medali Emas dalam Kejurnas UIN Sunan Kalijaga Cup IX

7 May , 2014  

UKM INKAI UNS Bawa Pulang 5 Medali Emas dalam Kejurnas UIN Sunan Kalijaga Cup IX

Tim Karate INKAI UNS kembali membawa pulang gelar juara pada Kejurnas UIN Sunan Kalijaga Cup IX,  yang digelar di GOR Amongraga Yogyakarta pada tanggal 2 hingga 4 Mei 2014.  Sebanyak 23 karatedo INKAI UNS diikutkan ke dalam kejuaraan nasional tersebut.Karatedo tersebut diikutkan ke dalam beberapa kelas pertandingan, seperti Kata Beregu putra-putri kategori under 21 tahun dan senior. Kumite perorangan putra kategori under  21 kelas -60 kg, -78 kg,  dan +78 kg. Kumite perorangan putri kategori under 21 kelas -53 kg, -60 kg, dan +60 kg. Kumite perorangan putra kategori senior kelas -55 kg, -60 kg dan -67 kg. Kumite perorangan  kategori senior putri kelas -50 kg, – 55kg, dan -61 kg.

Kontingen INKAI UNS pun berhasil menyabet gelar Juara Umum I, II, dan III dengan perolehan 5 medali emas, 5 medali perak, dan 3 medali perunggu.  Sehingga total perolehan medali yang dibawa pulang sebanyak 13 buah. Ketua UKM INKAI, Pandu Siawan mengatakan dibutuhkan waktu sekitar dua bulan dalam  mempersiapkan karatedo mereka untuk megikuti kejuaraan ini.

Daftar Perolehan Medali :

 Juara Umum I

-Kategori Perorangan :

-Ewin Satya kategori Senior Putra -55 kg

-Anik Yuliani kategori Senior Putri -50 kg

-Nadia Imaniar Julia Kahfi kategori Under 21 Putri -53 kg

-Aulia Maris kategori Under 21 Putri +60kg

 Total : 5 medali emas.

 Juara Umum II

 -M. Imaduddin Azka kategori Senior Putra  -55 kg

-M. Iza kategori Senior putra -68 kg

-Tri Utami kategori Under 21 puti +60 kg

Kategori Beregu :

-Beregu under 21 – Senior Putra (Pimadio, Renda, M. I Azka)

-Beregu under 21 – Senior Putri (Nadia, Anik, Riski Ida)

 Total : 5 medali perak.

 Juara Umum III

-Renda kategori Under 21 putra -68 kg

-Ayuk kategori peorangan Under 21 Putri

-Yanuar kategori under 21 putra -78 kg

 Total : 3 medali perunggu.

Uncategorized

Latihan Bersama Inkai Se-Solo

31 Mar , 2014  

Minggu 23 Maret 2014 lalu, UKM INKAI UNS melakukan kegiatan “Latihan Bersama Inkai Se-Solo” yang digelar di area Car Free Day Solo, pukul 07.00-08.30 WIB. Acara ini merupakan acara yang digelar INKAI UNS yang berkoordinasi dengan INKAI cabang Solo dengan tujuan memasyarakatkan karate. kegiatan ini diikuti oleh 11 (Sebelas) Dojo (Tempat latihan) yang ada di Solo.

 

Latihan Bersama ini merupakan latihan pertama kali yang dilakukan bersama masyarakat Solo.  Dengan rangkaian acara latihan bersama, perform serta games, kegiatan ini mendapat tanggapan baik dari masyarakat. dengan ini, diharapkan kegiatan ini dapat dijadikan tonggak awal kegiatan-kegiatan lain UKM INKAI UNS dengan misi yang sama yakni Semangat Memasyarakatkan Karate INKAI.

–UKM INKAI UNS–

Uncategorized

Best Perform Karate Inkai UNS

14 Mar , 2014  

Dalam rangka memperingati ulang tahun UNS yang 38, UKM Inkai UNS mempersembahkan penampilan terbaiknya.Acara itu diselenggarakan di depan halama gedung LPPM UNS kemaren 12 Maret 2014.Acara ini bejalan sangat meriah dan sorak sorai penonton pun membahana mengiri perform dari teman-teman.Dengan menampilkan KIHON,KATA dan beberapa variasi karate diharapkan dapat memasyarakatkan karate pada khalayak umum dan mahasiswa UNS pada umumnya.Untuk lebih detailnya teman-teman bisa melihat di portal kami <a href=”http://www.youtube.com/watch?v=mts6V5pfSrg”>karate uns</a>

Uncategorized

TATA TERTIB DOJO UKM INKAI UNS

6 Mar , 2014  


 

  1. Semua anggota UKM INKAI UNS wajib memeberi hormat ketika masuk atau keluar dari dojo.
  2. Alas kaki wajib dilepas ketika memasuki dojo.
  3. Latihan dimulai tepat pada pukul 16.00 WIB.
  4. Peserta latihan wajib datang 10 menit sebelum  latihan dimulai.
  5. Pada saat latihan dilaranng menggunakan segala macam perhiasan atau aksesoris.
  6. Kuku tangan dan kuku kaki harus terpotong pendek dan rapi.
  7. Tiap latihan pengurus wajib memasang Bendera Merah Putih, FORKI dan INKAI.
  8. Pengurus wajib menyediakan peralatan latihan atas permintaan Dewan Pelatih.
  9. Pesrta latihan wajib memakai badge FORKI, badge INKAI dan badge UKM bagi yang berhak.
  10. Latihan dipimpin oleh kyu terendah atau sabuk tertinggi.
  11. Peserta latihan dilarang meninggalkan latihan tanpa seizin pelatih.
  12. Peserta latihan wajib menggunakan sabuk sesuai dengan sabuk dan tingkatan kyu yang dicapai.
  13. Wajib menghormati sesama anggota latihan di dojo.
  14. Seluruh anggota UKM INKAI UNS yang ada di dojo wajib hormat dan taat pada pelatih.
  15. Wajib menjaga ketertiban, kedisiplinan, kesopanan, dan kebersihan.
  16. Dewan Pelatih yang berhalangan hadir wajib memberi keterangan pada pengurus dan mendelegasikan Dewan pelatih lain.
  17. Peserta latihan wajib membawa buku presensi latihan setiap mengikuti latihan.
  18. Anggota UKM INKAI UNS yang ingin mengikuti ujian harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
    1. Ujian penurunan kyu harus memenuhi presensi latihan minimal 36 kali dan mengikuti gashuku cabang bagi peserta.
    2. Ujian DAN harus memenuhi presensi latihan sesuai dengan peraturan INKAI pusat.

Uncategorized

Pengurus UKM INKAI UNS 2013

1 Aug , 2013  

 

Salam Karate, OSS! Apa kabar, guys? gimana puasanya? lancar? masih kuat, kan? pastilah ya, kan Karateka sejati. hehe. Di kesempatan kali ini Admin mau ngenalin pengurus Karate Universitas Sebelas Maret periode 2013. Kepengurusan ini terbentuk sekitar tanggal 30 Desember 2012. Dimulai dari…

 

Ini dia Ketua Umum kita, ada Kak Alif Ajianto Agastian jurusan Manajemen 2010. Laki-laki kelahiran 6 Agustus ini terpilih menjadi ketua UKM tentunya diambil dari vote terbanyak selama pemilu berlangsung. Pemilunya gak menghabiskan waktu yang banyak. Hanya sekitar 1 – 2  jam saja, langsung sudah diputuskan siapa ketuanya. Hehe.

Selanjutnya ada Kak Asri Dyah M nih, yang menjabat sebagai Sekertaris I dari jurusan Ilmu Administrasi FKIP angkatan 2010.

Menempati posisi Sekertaris kedua ada Kak Rani Anova Dewi yang kebetulan satu jurusan dan fakultas yang sama dengan Kak Asri, cuma beda angkatan aja. Kak Rani sendiri angkatan 2011.

 

Selanjutnya untuk yang mengurusi keuangan UKM Karate ada Kak Dyan Pujiastuti jurusan PIPS Pend. Ekonomi FKIP angkatan 2010 menjabat sebagai Bendahara I.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di posisi Bendahara II ada Ulfa Priyanti jurusan PIPS PKN FKIP 2012. Ulfa atau yang biasa dipanggil Upah ini punya kembaran, loh. Harus bisa bedain yah, jangan sampai ketuker. Hehe.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya ke Bidang I. Nah, Bidang I ini tugasnya mencari pelatih saat hendak latihan di dojo. Dimana dan ke siapa sih? Bidang I biasanya menghubungi Dewan Pelatih (Di postingan selanjutnya kita bakal mengenalkan siapa saja Dewan Pelatihnya), selain itu tugas Bidang I adalah mendata seluruh anggota UKM yang masih aktif dan juga mendata anggota baru. Bidang I di-ketuai oleh Kak M. R. Fitriantono anak POK FKIP 2010. Biasa di panggil Rian.

 

Siapa aja sih Staff-nya Kak Rian?

Staff I ada Kak Agus Julianto anak POK FKIP 2012.

 

Staff kedua ada Kak Danu Setio Aji. Kak Danu satu jurusan dan satu angkatan sama Kak Agus, mereka soulmate-an.

Selanjutnya Staff ketiga ada Kak Rio Chandra jurusan Psikologi di Fakultas Kedokteran angkatan 2012.

 

Staff ke-IV ada Kak Gisnita St Barokah, biasa dipanggil Gis atau Nita. Kak Nita ini jurusan PIPS Pend. Ekonomi FKIP 2012.

 

Staff ke-V ada Kak Ulfa Priyatin, nah ini dia kembarannya Kak Upah tadi. Biasanya dipanggil Upeh. Harus bisa bedain yah, hehe. Kak Upeh ini mahasiswi Pertanian jurusan Agroteknologi 2012.

Di Staff terakhir (Alhamdulillah) ada Kak Tatiek Kurniawati, selain jago Karate dia juga jago Matematika, anak FKIP 2012. Kak Tatiek ini terkadang biasa dipanggil Yeni, entah gimana ceritanya. Untuk saat ini Kak Tatiek sudah bersabuk Coklat. Orang ini adalah yang paling keren di angkatan 2012, saking kerennya sampai punya fans di UKM.

Untuk Bidang I-nya cukup sekian, sekarang kita lanjut ke Bidang II yuk!

Bidang II atau HUMAS biasanya paling rajin update-in social media yang UKM Karate miliki. Seluruh informasi yang berasal dari ketua umum kita, Bidang II-lah yang bertugas memberitahu seluruh anggota UKM Karate dan merekrut mahasiswa-mahasiswi Univ. Sebelas Maret untuk ikutan gabung di UKM Karate. Bidang II sendiri di-ketuai oleh Kak Evan Satya jurusan Teknik Mesin FT 2011.

Kak Evan ini mempunyai 5 pasukan yang setia update-in info-info terbaru dari UKM di Facebook, Twitter, dan Web UKM. Siapa aja, sih? Ini dia…

Untuk yang pertama ada Kak Dewi Puspitasari, anak PIPS PKN FKIP 2012.

Untuk yang kedua ada Kak Eka Muliani, mahasiswi Pertanian jurusan Agribisinis 2012.

Untuk yang ketiga ada Kak Nugroho Sunu, jurusan Teknik Kimia FT 2011.

Posisi keempat ada Kak Rafika Amalia M, mahasiswi Psikologi F. Kedokteran 2011.

Untuk yang kelima ini adalah seorang mahasiswi Ilmu Hukum FH yang pinter debat; Kak Septina Ayu H. Biasa dipanggil Ayu.

Nah, itu tadi adalah kakak-kakak yang kece di Bidang II. Sekarang lanjuuuuut ke Bidang III. Bidang III ini tugasnya meliputi perlengkapan yang ada di Sekre tercinta. Pokoknya yang berbau kesekrean, Bidang III-lah jagonya. Biasanya untuk mahasiswa/i yang baru gabung Karate di kampus dan kepengen beli karategi (baju karate) bisa ke Bidang III. Oh, iya, Bidang III diketuai oleh Kak Agil Rizki A, mahasiswa Teknik Mesin FT 2011.

Kak Agil ini punya 6 pasukan. Pertama ada Kak Hermita Purnama C jurusan Perpustakaan FISIP 2011.

yang kedua ada Kak Cancalita Anindya P, Kakak ini paling modis dan gaul diantara yang lainnya dan rajin gak mandi. Hehe. Suka dipanggil Nindy. Dia mahasiswi Desain Interior FSSR 2011.

Ketiga ada Kak Janti P, mahasiswi Pertanian jurusan Agribisnis 2011 ini orangnya kocak loh.

Di posisi keempat ada kakak yang kita juga gak tau dari mana dia berasal; Kak Bagaswara D atau Bagas.

Posisi kelima ada mahasiswi Pertanian jurusan Agribisnis 2012,Kak Sri Ratna A yang gak tau kata siapa, katanya mirip Fatin.

Untuk yang terakhir ada Kak Wulan S yang satu jurusan dan fakultas yang sama dengan kak Ratna.

Nah, itu dia pengurus-pengurus UKM Karate UNS. Pengen kenalan lebih lanjut? Dateng ke Sekre UKM INKAI UNS di Gedung Graha lantai 2 dan yuk gabung sama kita. Bakal banyak manfaat yang bakal kalian dapet dari sini mungkin cukup sekian dari Admin. Mohon maaf jika masih banyak yang kurang dipostingan ini. Hehe.

Salam Karate, OSS!!

, , ,

Uncategorized

HOT NEWS!

21 Jul , 2013  

 

Jakarta – Jintan Simanjuntak atlet karate mengalami luka-luka akibat berseteru dengan petugas keamanan Gelora Bung Karno yang mengamankan kedatangan Arsenal di Indonesia. Jintan mengalami luka di pelipis kanan akibat dipukul petugas keamanan tersebut.

Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang, Kompol Widarto mengatakan kejadian ini terjadi Sabtu (13/7/2013), sekitar pukul 09.00 WIB. Kala itu, Jintan dan kawan-kawan ingin latihan di Pintu IX GBK, tetapi malah dilarang petugas.

“Petugas melarang karena daerah Pintu IX harus steril soalnya ada Arsenal dan hari Minggu ada Arsenal lawan Indonesia,” kata Widarto saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (13/7/2013).

Kesal dilarang, Jintan dan kawan-kawan pun ngotot masuk dengan cara meloncati pagar Pintu IX GBK. Aksi mereka terlihat petugas. Adu mulut pun terjadi.

“Pas lagi adu mulut itu mungkin tersulut emosi akhirnya terjadi insiden pukul-pukulan,” ucap Widarto.

Widarto mengatakan kasus ini masih penanganan pihak kepolisan. Dia masih memeriksa beberapa saksi terkait kasus ini.

[source: http://news.detik.com/read/2013/07/13/224055/2301838/10/mau-latihan-di-gbk-atlet-karate-malah-dipukul-petugas?nd772204btr]

wah ngeri banget ya?

Uncategorized

Olahraga Saat Puasa

11 Jul , 2013  

Hmm, kayaknya mustahil, deh. Di saat puasa, rasanya males & lemes banget mau ngapa-ngapain. Paling enak ya, cuma nonton TV atau bersantai sambil nunggu waktu berbuka daripada berolahraga. ye gak, sih? (‾⌣‾”٥)

Eits, jangan khawatir! Olahraga saat puasa, nggak bakal bikin kita pingsan, kok. Soalnya, meski nggak makan dan minum seharian, tubuh kita masih menyimpan cadangan energi. Bahkan, ketika kita menggerakkan tubuh, lemak yang ada di tubuh akan berubah jadi glukosa yang akan menghilangkan rasa lesu, malas, dan ngantuk. Ini juga sekaligus, mengikis lemak berlebihan di tubuh kita. Bisa langsing, deh! ‪#‎eh‬(≧◡≦)

Kapan Olahraganya?
Berhubung saat olahraga kita membutuhkan cairan tubuh lebih banyak, jadi waktu yang tepat untuk olahraga adalah 30 menit sampai 1 jam sebelum berbuka puasa. Karena dekat dengan waktu berbuka, kita nggak akan nunggu terlalu lama untuk minum dan mengganti cairan tubuh yang keluar saat olahraga \(´▽`)/

Olahraganya Apa, Qhaqha? :”>

Pilih olahraga yang ringan seperti jalan kaki, bersepeda, tennis, atau bulutangkis. Yang penting, perhatikan frekuensi dan durasinya ya (´⌣`ʃƪ). Saat puasa, porsi olahraga boleh dikurangi sampai 50%-nya. Misalnya, saat nggak puasa, kita jogging keliling komplek 5 kali seminggu. Nah, saat puasa, porsinya dikurangi jadi 3 kali seminggu aja. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sesudahnya, ya. Supaya terhindar dari cedera dan nyeri otot saat latihan. Selamat menjalankan ibadah puasa untuk yang menjalankan. SEMANGAT YA! baru hari pertama (ง`▽´)ง

, ,

Uncategorized

MANFAAT KARATE BAGI KESEHATAN MENTAL

29 Apr , 2013  

Membicaraka tentang kesehatan tentunya tidak lepas dari keadaan SEHAT VS SAKIT.  Sakit sendiri menurut psikologi dibedakan menjadi 3 yaitu :

1.  Desease, sakit yang ditinjau dari dimensi biologis.

Untuk mempreventif sakit yang ditinjau dari aspek ini, tentunya alternatif pilihan karate dapat diperhitungkan. Hal ini berdasarkan karena karate merupakan suatu bentuk olahraga, dengan karate tekanan darah akan normal,menurunkan kolesterol,mengencangkan dan menyegarkan tubuh, membakar lemak,dsb. Sehingga tercapailah kesehatan yang baik melalui aspek biologis.

2. Illnes , sakit yang ditinjau dari dimensi psikologis.

Tentunya banyak sekali masalah yang disebabkan oleg faktor psikologis. Bahkan orang yang secara fisik dikatakan sehat belum tentu dikatakan sehat secara psikologis. Aspek psikologis sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh seseorang. Dengan karate seseorang akan merasa percaya diri, meningkatkan kepercayaan diri, percaya bahwa dirinya mampu menghadapi masalahnya,dsb. Aspek psikologi berkaitan erat dengan ,perasaan, mood,penerimaan diri, penyesuaian diri, dan emosi. Diharapakn setelah seseorang mempelajari karate maka sikab ksatrianya akan terbentuk. #Ingat prinsip Busido… hehe…

3. Sickness, sakit yang ditinjau dari dimensi sosiologis.

Dimensi sosiologis disini lebih menekankan pada aspek sosial yang akan dibentuk oleh seorang karateka. Dengan sering latihan kita akan bertemu dengan banyak orang. Media ini dapat kita jadikan sebagai maedia untuk saling berinteraksi antar sesama, membuka pertemanan baru,mendapatkan keluarga baru, persahabatan,dsb.

Ketika ketiga aspek tersebut terpenuhi maka seseorang diharapkan mampu memiliki kesehatan mental yang baik. Sehat sebenarnya dapat dengan mudah kita cari, gratis dan menguntungkan. Asal kita melakukan dengan iklasdan penuh cinta. Ketika kita iklas, kita senang, tentunya apapun yang kita lakukan akan terasa mudah dan tanpa beban. Ibaratnya gini, ketika kita keluar bersama pacar tentunya kita tidak pikir-pikir untuk mengeluarkan uang untuk metraktir pacar kita, lain halnya untuk membeli buku kuliah rasanya beraaaaat bangeeet. Nah, begitu pula ketika latihan karate,mungkin latihannya gitu2 saja namun ketika kita cinta karate maka tidak akan senang melakukannya dan rajin latihan tentunya. hehe…

Kesehatan mental yang baik dapat tercapai apabila kita bahagia. Untuk itu ayo kita temukan kebahagiaan itu dalam diri kita. Karena ” Kebahagiaan itu diciptakan bukan dicari” cara mencarinya dari dalam diri sendiri. Temukan motivasi kita untuk lebih mencintai karate, dan ciptakan langkah besar didalamnya.

 

Uncategorized

Perolehan Medali Semar Cup VIII

10 Apr , 2013  

Berikut daftar perolehan medali Semar Cup VIII

silahkan di download

PEROLEHAN MEDALI_UNS CUP 8